Monday 17 December 2012

TEATER BANGSAWAN DIRAJA SALAM SEMBAH BERADAT DAN MENJUNJONG TINGGI KESULTANAN INDRAPURA







Kesultanan Inderapura updated his profile picture.
Unlike · ·
  • You and 14 others like this.
  • Pak Uda Salam..sembah beradat dan menjujong tinggi KESULTANAN INDRAPURA
  • Zali Amri " Lailahaillallah Muhammadurrasulullah "

  • Like ·

     
    shared a link via Rusdal Fajr St Inayatsyah.
    1Unlike · ·
     Kesultanan Indraoura shared Kesultanan Indrapura's photo.
    RANJI MELAYU TINGGI KERAJAAN USALI
    KESULTANAN INDERAPURA


    Manuskrip yang dikenal dengan Ranji Melayu Tinggi, Ranji Tinggi Indrapura Manuskrip berupa gulungan kertas berukuran 507 X 57,2 cm, manuskrip ini juga pernah di pamerkan dalam simpo
    sium internasional Pernaskahan Nusantara VIII' dan Konggres Masyarakat Pernaskahan Nusantara III . Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta .

    Manuskrip tadi merupakan naskah nusantara terpanjang, saat ini. Ia merupakan
    dokumen tertulis tentang kerajaan Usali, Kesultanan Inderapura. Berisi uraian silsilah keturunan raja-raja dan sultan Indrapura di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Manuskrip tadi Disimpan dalam sebuah tabung yang terbuat dari seng-plat berwarna coklat tua dengan ukuranpanjang 65 Cm dan diameter 10 Cm.

    Gambar pohon keturunan dalam manuskrip ini diukir dalam garis-garis dan lingkaran berwarna merah, hitam, hijau dan biru yang indah dan mempesona. Ditulis dalam aksara Arab dan bahasa Melayu pada kertas tua warna sudah kecoklat-coklatan yang keadaannya sudah lapuk, sehingga perlu diberi lapisan kertas lain.

    Ada sebanyak 203 buah lingkaran yang terdapat dalam manuskrip tersebut, serta tujuh cap stempel dibeberapa tempat sepanjang naskah, kalau dilihat secara keseluruhan garis-garis dan lingkaran tersebut membentuk semacam pohon bercabang dengan dahan dan ranting-rantingnya. Disetiap lingkaran tertulis nama atau gelar dari sultan dan keluarganya, dan juga memuat catatan-catatan penting tetang seluk beluk kerajaan, raja/sultan yang berkuasa, hubungan dengan kerajaan-kerajaan lain, wilayah kerajaan, catatan tentang barang-barang pusaka, tanah ulayat kerajaan dan lain-lain.
    1Unlike · ·
    • You, Badar Al-ahmadi and 13 others like this.
    • Kesultanan Indrapura Manuskrip yang dikenal dengan Ranji Melayu Tinggi, Ranji Tinggi Indrapura Manuskrip berupa gulungan kertas berukuran 507 X 57,2 cm, manuskrip ini juga pernah di pamerkan dalam simposium internasional Pernaskahan Nusantara VIII' dan Konggres Masyarakat Pernaskahan Nusantara III . Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta .
    • Ratu Rimba Niagara Manuskrip yang unik! Lambang seni melayu yang halus penuh berseni.Terima kasih atas informasi.

    shared Rusdal Fajr St Inayatsyah's photo.
    Sultan Muda InderaPura Mendampingi Lawatan Khusus YM Sultan Indera Rahimsyah Daulat Sultan MuhammadSyah dan Kerabat dari Kerajaan Brunai Darussalam di wilayah Kesultanan inderapura
    1Unlike · ·

0 comments:

Post a Comment

 
;