Sunday, 30 December 2012

TEATER BANGSAWAN DIRAJA, ' TENTANG BIREUEN'


By: Meurah Silo

SEKILAS TENTANG BIREUEN 1300 TAHUN DAHULU>KERAJAAN JEUMPA.
,Menurud penelitian para ahli sejarah sblm datangnya islam pd awal abad ke 7 masehi,sumatra tlah menjalin hubungan dagang sejak 2000 thn SM.Salah satu kota perdangan pd jalur tersebut adalah Bireuen(kemenangan)atau Jeumpa(harum semerbak) dgn komoditas unggulan seperti Kafur.
Kerajaan jeumpa Aceh,berdasarkan iktisar raja2 Jeumpa yg ditulis Ibrahim abduh yg disandur dari hikayat raja jeumpa..adalah kerajaan yg berdiri abad ke 7 M,yg terletak sekitar perbukitan mulai dari pinggir sungai Peudada sampai pante krung peusangan seblah timur(Kec.Gandapura skrg yg artinya 2 gerbang raksasa).Istana raja jeumpa terletak di desa blang seupeueng yg dipagari sebelah utara,skrg disebut cot cibrek pinto ubeuet.seblm kedatangan islam di daerah ini sudah berdiri kerajaan hindu purba yg dipnpin turun temurun oleh Meurah2 dan negri ini sudah dikenal kepenjuru dunia dan mempunyai hub dgn cina,india,arab dll.sekitar abad ke 8 M datanglah pemuda yg di kenal dgn Shahriansyah Salman al parsi atau Sasaniah Salman .sbg mana yg disebut dlm Silsilah keturunan sultan2 melayu yg dikeluarkan oleh kerajaan Brunai darusalam dan Sultan Sulu Mindanao dan juga disebut dlm Silsilah Raja2 Aceh Darusalam.Silsilah Pangeran Salman dgn keturunan dari Sayyidina Hussein ra cucunda Nabi Muhammad SAW.YG tlah menikah dgn putri maharaja Parsia bernama Syahribanun,dari pekawinan inilah kemudian berkembang keturunan Rasulullah yg tlah menjadi ulama dan sultan2 didunia Islam Nusantara,baik di Atjeh,Pattani,Sumatra,melayu,Brunai sampai ke Filipina dan kep maluku,Pangeran Salman memasuki pusat kerajaan dikwsn blang Seupueng dgn kapak niaga dari Parsia untk berdakwah dan berdagang mengembangkan ajaran islam.beliau tnggal bersama penduduk dn berdakwah,tingkah laku nya sopan serta ramah menarik perhatian Meurah Jeumpa dan mengangkatnxa menjadi org kepercayaan kerajaan dan dinikah kan dgn Putri jeumpa yakni Putroe mayang Seuludang atau Dewi Ratna keumala.kemudian dinobatkan menjadi Raja,wilayah kekuasaanya diberi nama dgn kerajaan Jeumpa sesuai dgn nama negri asalnya di Persia bernama"CHAMPIA"yg artinya harum semerbak,Pangeran Salman al Farisi memproklamirkan kerajaan islam jeumpa pd thn 156 Hijriah atau 770Masehi,maka tak diragukan kerajaan jeumpa adalah kerajaan islam pertama di Nusantara.Istri pangeran Salman.anak meurah jeumpa yg cantik rupawan,cerdas serta berwibawa,putroe inilah yg mendukung suaminya dan perjuangannya sehingga berhasil mengembangkan kerajaan islam yg berwibawa,yg melahirkan kerajaan islam Perlak,Pasai,pedir(pidie)dan Aceh Darusalam.Kuala Jeumpa sangat strategis yg berdekatan dgn ,Barus,Fansur yg lebih dahulu berkembang di ujung Sumatra.bekas tapak mahligai kerajbn jeumpa sktr 80 meter yg dikenal Buket Teungku Keujreun,ditmukan tapak bangunan istana dan beberapa barang peninggalan kerajaan sprt kolam mandi seluas 20x20m.kaca jendela,porselin dan juga cincin dan kalung rantai yg panjangnya sampai kelutut juga anting sebesar gelang tangan.Putri mayang seuludang berhasil menjadi pendidik bg anak2nya.Ratu dikarunia beberapa org putra putri yg kemudian menjadi raja dan ratu yg sangat berpengaruh dlm perjalanan sejarah islam nusantara.anak beliau adalah Shahri poli(pendiri kerajaan pidie,Shahri Tanti mengembangkan kerajaan yang selanjutnya menjadi cikal bakal kerajaan Samudra pasai,Syahri Nuwi menjadi meurah dan pendiri kerajaan Perlak,sementara putrinya Makdum Tansyuri adalah ibunda dari Sultan pertama Perlak yakni Sayyid Maulana Abdul Aziz Syah yg diangkat pd thn 840 M(1 muharram 225 H).Kecerdasan dan kecantikan putri jeumpa diwariskan kpd keturunannya menjd lambang keagungan putri2 islam yg berjiwa penakluk,tdk diragukn bhwa putroe Mayang Seuludoeng tlah mnjadi inspirasi bg perjuangan ratu dan putri2 keturunan Jeumpa ssudahnya,putri2 jeumpa tlah menjadi lgenda dikalangan pbesar kerajaan Pasai,para ratu islam di istana2 Perlak,Pasai,Malaka bhkan majapahit sekalipun,yg diwariskn oleh Maha ratu Dewi Ratna Keumala.popularitas Jeumpa di Nsntara,yg dihubungkan dgn putri2nya yg crdas dan cantik Jlta buah persilangan antara Arab,Parsi,india,melayu,dan di Atjeh dikenal dgn Bungoeng Jeumpa,gadis cantik ptih kemerah merahan,tdk lain menunjukkn keistimewaan Jeumpa di atjeh yg pd saat ini msh menyisakan kcantikan putri2nya(gadis Bireuen).
Karena Ahlul Bayt di amanahkan sbg bnteng utama islam oleh Allah dan Rasulnya.maka sejak awal kbangkitan islam para Itrah Rasul mendpt khormatan dn kedudukan trmasuk di alam nsantara, itulah sebabnya para ahli sejarah tlah mncatat bbrapa dnasti kerajaan Ahlul Bayt nusantara baik disumatra,semennjung,borneo,kalimantan,jawa,sulawesi sampai ke maluku dan papua skrg..generasi awal datang dari Persia sekitar abad prtama hijriah atau abad VII Masehi yg mndirikan kerajaan di sekitar Atjeh Sumatra.jika di urutkan Silsilah Sultan dinusantara sebagian besar akan bertemu pd jalur imam Ja'far Sadiq yg sampai kpd Sayyidina Hussain bin Sayyidina Fatimah binti Rasulullah...
— with Tpss Syuhada Siddiq AlMustoffa and 26 others.
2Like · ·
  • Srinova Niez keren tu bg...
  • Adi Sarwajagat mcmane dgn jalur saidina hasan...
  • Meurah Silo Rimba kelana/saboh hipotesis dan kesimpulan awal dari pdum2 boh teori dan data awal,islamisasi ke aceh sudah terjad sejak awal perkembangannya oleh saudagar arab yg sudah hilir mudik berdagang dari mesir,Aden,Muscat,parsi,gujarat,kecina melalui nusantara,sbg mana Rumawi,yunani,mesir dan persia sbg pusat perdagangan,peradaban yg jejaknya masih terekam jelas pd laluan sutra,jalur ini kemudian dipindahkan kejalur laut,para pembawa Islam datang lansung dari Arabian yg merupakan utusan resmi Khalifah atau para pedagang profesional islam yg mmg tlah memiliki hub perdagangan dgn atjeh,sbg daerah persinggahan dlm perjalanan menuju cina,hub terbina sejak lam dari masa Nabi Sulaiman yg melahirkan asimilasi keturunan arab di atjeh disktr pesisir ujung Sumatra..atjeh Seuramoe Mekah..
  • Eddy Miswar Kruu seumangat.
  • Meurah Silo Adi/low blah Sayyidina Hasan blom tahu lg..tp konon keturunan Saidina Hasan banyak yg jd Ulama,.
  • Meurah Silo Pangeran salman menyamarkan identitas Sayed dgn Syahir yg diambil dari kaum sebelah ibu,yakni syahribanu,istri Sayyidina Hussain bin Ali bin Abdul Muthaleb yp syahid di Karbala,penyamaran ini bertujuan untuk menyembunyikan identitas dari kejaran bani Abasysyiah,penguasa jazirah arab ketika itu,nama keturunan Syahir juga dismarkan lg menjadi Meurah yg nama asal diambil turunan sblah istrinya,yakni mayang seuleudoeng,untuk beberapa generasi pd akhir abad ke 16 gelar Meurah menjadi Teuku bg pangeran2 yg mengelola pemerintahan,smentara yg mengurus hukum islam dbr gelar Teungku,kesemua gelar ini berasal dari keturunan Sukee Imum peut yg gok2 donya..(hac ureung tuha jameun,keu Sayed han jeut tamaki karna akan iroet babah,mungken betoi cit,karna mmg sayed keturunan Mulia.)wallahu a'lam
  • Khairul Syam setahu lon yang tinggal di aceh cuma sayed nama
    sedangkan sayed asli sudah ke yaman atau ke malysia
    mohon dikoreksi
    #aceh sepanjang abad
  • Adi Sarwajagat ade mase baru nak nyemak...
  • Tpss Syuhada Siddiq AlMustoffa Asslamualaikum saudara Meurah Silo - mohon tag kan sekali . terimaksih.
  • Adi Sarwajagat Dimana Kerajaan Champa yang sebenarnya??

    Sampai saat ini banyak pakar sejarah yang percaya bahwa Kerajaan Champa hanya terdiri dari dua tempat yaitu :

    1. Teori pertama, yang merupakan teori yang lebih banyak dipercaya, bahwa champa berada dikawasan kamboja, sekarang berada diwilayah Vietnam Tengah..

    Kekuatan teori ini adalah
    a. Adanya suku Champa yang sampai saat ini masih bertahan, walaupun hanya satu persen saja.
    b. Lokasi vietnam yang berdekatanan dengan Kelantan, Patani dan Malaka yang merupakan kerajaan Islam yang kuat menndukung adanya teori ini.
    c. Lokasi pulau yang sejajar dengan ketiga daerah itu sampai ke Nusantara sangat mengindikasikan bahwa Champa memang terletak didaerah vietnam

    Kelemahan Teori ini adalah :
    a. Tidak adanya peninggalan artefak, makam-makam atau benda-benda bersejarah pada masa Islam, lihat Andalusia, sekalipun Islam telah hilang masih ada bekas bekas kebesaran Islam.
    b. Secara Kronologis tahun, tahun-tahun yang dikatakan sebagai bagian kekuasaan Islam justru bukan penguasa Islam yang memegangnya, terutama keluarga besar kerajaan Champa
    c. Secara Bahasa dan tekstur wajah tidak mencerminkan bila negara Vietnam yang sekarang ini merupakan keturunan dari beberapa tokoh tokoh Islam yang berkaitan dengan keluarga besar Azmatkhan, disamping itu perkembangan nasab dinegara ini tidaklah didominasi oleh kalangan keluarga besar Azmatkhan yang merupakan fam walisongo, lihat keturunan walisongo yang sampai saat ini masih ada dan eksis.
    d.Terlalu beresiko sekali jika keluarga besar walisongo atau Azmatkhan menjadikan Champa ini sebagai basis dakwah utama dinegeri Asia Tenggara, sedangkan pada masa itu kekuasaan Champa dipegang oleh non islam. Sudah Pasti Champa harus merupakan negara Islam yang kuat
    e. Nama Champa belum menjamin bila vietnam adalah champa, kesamaan nama sudah biasa terjadi pada sebuah negara.
    f. banyaknya gadis Champa yang terkenal dengan kecantikan khas champa yang identik dengan etnis arab india, mematahkan pendapat bahwa champa itu di Vietnam , karena etnis Vietnam lebih identik dengan etnis china dan sebagian kecil melayu.

    2. Teori Kedua, yang merupakan teorinya Sir Thomas Rafflles dalam bukunya History Of Java, bahwa Champa adalah Jeumpa yang posisinya berada di Aceh. Dengan berbagai analisis yang sering dilontarkan Teori ini bahkan sangat dipercayai dan bahkan sebagai jawaban dari beberapa pakar yang mulai ragu bila Champa divietnama oleh sebagian sejarawan Islam.

    Kekuatan teori ini adalah
    a. Pada masa itu Aceh adalah sebuah kekuatan Islam di Sumatra bahkan di Asia Tenggara
    b. Banyaknya keluarga besar walisongo yang belajar dinegeri Aceh menunjang sekali jika champa adalah jeumpa
    c. Pengucapan lafal Jeumpa menjadi Champa dalam hal lafal orang melayu itu sangat masuk akal, karena lafal ini mendekati kesamaan
    d. peninggalan peninggalan Islam sampai sekarang masih ada.
    e. Banyaknya ulama Aceh yang mempunyai jaringan kuat dengan walisongo
    f. jarak Aceh dengan Malaka, Patani, Kelantan sangat dekat
    g. Gadis-gadis Jeumpa terkenal akan kecantikannya, ini sama persis dengan berita yang mengatakan bahwa Putri putri champa sangat terkenal cantik..

    Kelemahan teori ini adalah
    a. Champa adalah sebuah kerajaan besar, sangat tidak mungkin ada dua kerajaan besar Islam di Aceh, karena saat itu yang berkuasa adalah kerajaan Pasai
    b. Dalam sejarah Kesultanan Aceh tidak pernah dicantumkan bahwa nama nama Raja Champa ada disana seperti Maulana Malik Israil dan Abdullah Umdatuddin.
    c. Sekalipun Kerajaan Pasai kerajaan Islam Besar, namun pola komunikasi walisongo lebih mengarah kepada Kerajaan Champa.
    d. Sejarah Antara Aceh dan juga walisongo, tidak terlalu banyak dalam beberapa episode sejarah, namun sejarah dengan Champa sangat mendominasi
    e. Sampai sekarang benang merah sejarah antara sejarah Aceh, Champa dan Majapahit belum ketemu, memang sudah ada, tapi belum menggembirakan.
    f.Budaya Aceh dan budaya walisongo pada umumnya masih perlu dicari persamaannya..
  • Meurah Silo Wa alaikum salam Syuhada../sila di tag..
  • Meurah Silo Dikisahkan bhw ktka hendak berangkat ke Perlak utk menetap,pangeran Salman memberi tahu kpd mertuanya,dlm dialog panjang,raja Jeumpa bertanya,kemana engkau hendak pergi?salman menjawab dlm bahasa Parsi"Solmon Bireuen(menuju kemenangan),maka rombongan m...See More
  • Meurah Silo Khairul/betul Tgk,.dan di perkirakan salah satu keturunan adlah Usamah bin Muhammad bin Ladin dari Hdramaut dan berkerabat dgn Suku Shanwah,wallahu a'lam..

  • (PETIKAN DARIPADA WALL SULAIMAN DAWUD)
    30 Disember 2012

0 comments:

Post a Comment

 
;