Sunday 30 December 2012

TEATER BANGSAWAN DIRAJA,'TAREKAT @ THARIQAH'



Assalamualaikum saudara sekalian dan yang khususnya pada saudara tuan puan yang bertareqat..

Hamba mohon bertanya dan inginkan perkongsian pendapat agar dapat hamba melengkapkan kertas kerja hamba berkenaan tareqat. Segala pendapat tuan puan amatlah hamba hargai dan penting

Soalan hamba adalah:

1. Kenapa kita perlu bertareqat?
2. Apakah tujuan dan matlamat kita bertareqat?
3. Apakah kesannya apabila beramal tareqat?
4. Bagaimanakah Tasawwuf/ sufism atau tareqat membantu kehidupan tuan puan sekalian..

Terima kasih.
By: Raja Aman Al-Kubra

Like ·
  • Sulaiman Dawud Kata tarekat berasal dari bahasa Arab thoriqoh, jamaknya thoraiq, yang berarti: (1) jalan atau petunjuk jalan atau cara, (2) Metode, system (al-uslub), (3) mazhab, aliran, haluan (al-mazhab), (4) keadaan (al-halah), (5) tiang tempat berteduh, tongkat, payung (‘amud al-mizalah).
    Menurut Al-Jurjani ‘Ali bin Muhammad bin ‘Ali (740-816 M), tarekat ialah metode khusus yang dipakai oleh salik (para penempuh jalan) menuju Allah Ta’ala melalui tahapan-tahapan/maqamat.
    Dengan demikian tarekat memiliki dua pengertian, pertama ia berarti metode pemberian bimbingan spiritual kepada individu dalam mengarahkan kehidupannya menuju kedekatan diri dengan Tuhan. Kedua, tarekat sebagai persaudaraan kaum sufi (sufi brotherhood) yang ditandai dengan adannya lembaga formal seperti zawiyah, ribath, atau khanaqah.
    Bila ditinjau dari sisi lain tarekat itu mempunyai tiga sistem, yaitu: sistem kerahasiaan, sistem kekerabatan (persaudaraan) dan sistem hirarki seperti khalifah tawajjuh atau khalifah suluk, syekh atau mursyid, wali atau qutub. Kedudukan guru tarekat diperkokoh dengan ajaran wasilah dan silsilah. Keyakinan berwasilah dengan guru dipererat dengan kepercayaan karamah, barakah atau syafa’ah atau limpahan pertolongan dari guru.
    Pengertian diatas menunjukkan Tarekat sebagai cabang atau aliran dalam paham tasawuf. Pengertian itu dapat ditemukan pada al-Thoriqoh al-Mu'tabarah al-Ahadiyyah, Tarekat Qadiriyah, THORIQOH NAQSYABANDIYAH, Tarekat Rifa'iah, Tarekat Samaniyah dll.
  • Sulaiman Dawud Asal kata “tarekat” dalam bahsa Arab ialah “thariqah” yang berarti jalan, keadaan, aliran, atau garis pada sesuatu. Tarekat adalah jalan yanng ditempuh para sufi dan dapat digambarkan sebagai jalan yang berpangkal dari syariat, sebab jalan utama disebut syar’, sedangkan anak jalan disebut thariq. Kata turunan ini menunjukan bahwa menurut anggapan para sufi, pendidikan mistik merupakan cabang dari jalan utama yang terdiri dari hukum Ilahi, tempat berpijak bagi setiap muslim.
    Tak mungkin ada anak jalan tanpa ada jalan utama tempat berpangkal. Pengalaman mistik tak mungkin didapat bila perintah syariat yang mengikat itu tidak ditaati terlebih dahulu dengan seksama.
    Menurut Asy-Syekh Muhammad Amin Al-Kurdiy mengemukakan tiga macam definisi, yang berturut-turut disebutkan:
    ا لطر يقة هي ا لعمل با الشر يعة و ا لاخذ بعزا ئعها و ا لبعد عن ا لتسا هل
    فيما لا ينبغي ا لتسا هل فيه
    Artinya:
    “Tariqat adalah pengamalan syariat, melaksanakan beban ibadah ( dengan tekun ) dan menjauhkan ( diri ) dari ( sikap ) mempermudah ( ibadah ), yang sebenarnya memang tidak boleh dipermudah”

    اا لطر يقة هي ا جتنا ب ا لمنهيا ت ظا هرا و با طنا وا متثا ل ا لا وا مر ا لا لهية
    بقد ر ا لطا قة
    Artinya:
    “Tariqat adalah menjauhi larangan dan melakukan perintah Tuhan sesuai dengan kesanggupannya, baik larangan yang nyata maupun yang tidak
    ( batin ).”
    ا لطر يقة هي ا جتنا ب ا محر ما ت و ا لمكرو ها ت و فضو ل ا لمبا حا ت
    و ا دا ء ا لفرا ئض فما ا ستطا ع من ا لنوا فل تحت ر عا ية عا ر ف من ا هل ا لنها ية
    Artinya:
    “Tariqat adalah meninggalkan yang haram dan makruh, memperhatikan hal-hal mubah ( yang sifatnya mengandung ) fadilah, menunaikan hal-hal yang diwajibkan dan yang disunatkan, sesuai dengan kesanggupan
    ( pelaksanaan ) di bawah bimbingan seorang arif ( Syekh ) dan ( Sufi ) yang mencita-citakan suatu tujuan.”
  • Sulaiman Dawud Tujuan tarekat adalah untuk mengenal Allah melalui wahyu Allah (Al-Qur'an), mendekatkan dii kepada-Nya, mencinta-Nya, mentauhidkan-Nya, dan berakhlak dengan akhlak mulia.
  • Sulaiman Dawud Tarekat itu adalah upaya tazkiyatun nufus (mensucikan jiwa untuk menghadap kepada Allah) dan ma'rifatullah (mengenal Allah melalui Allah), kesannya ya inilah yang disebut thoriiqul mustaqiim (jalan yang lurus itu)
  • Sulaiman Dawud tarekat adalah salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah tanpa bermasalah, karena ia menyandarkan hidupnya pada ALLAH. sementara masalah kehidupan berasal dari ALLAH dan yang bisa menyelesaikannya hanya ALLAH saja.
  • Sulaiman Dawud Mengundang untuk berkomentar >> Gee Yusof , Fa Jameela Khan , Datok Pendita Adi Putra , Adi Sarwajagat , Tpss Syuhada Siddiq AlMustoffa , Pangeran Syah Alam ,
  • Sulaiman Dawud untuk bisa mengenal Allah ada 2 cara: 1. Dengan Irsyad, yaitu belajar melalui bimbingan Mursyid, 2. dengan cara Iksyaf, yaitu langsung diberikan ma'rifatullah ke dalam hati hamba-nya
  • Raja Azlan Jafri Tarekat hanya jalan utk sampai kematlamat..tidak salah sekiranya tidak bertarekat..ttp dgn adanya mursyid dalam tarekat..insyaAllah...apabila kita berjalan akan selamat..umpama mengambil tourguide utk berjalan2..TG akan bawa kita ketempat hendak dituju sambil menerangkan temapat lawatan...juga memberitahu `do and dont' dalam perjalanan semoga kita tidak sesat dalam tour..dan apabila samoai ketempat dituju dgn selamat..maka akan terasa kepuasannya..
  • Raja Aman Al-Kubra Mohon tuan sidi Sulaiman Dawud serta sahabat contribute pengalaman diri sendiri kesan mengamal dan bertareqat pada kehidupan, minda pemikiran serta intellectuality, kesan pada dunia sekeliling, perhubungan sesama manusia, pada keimanan diri terhadap Allah.. segala ajaran Al-Quran dan AsSunnah.. yang memberi kesan POSITIVE pada diri dan masharakat yang tuan puan sekeliling..
  • Raja Aman Al-Kubra Terima kasih atas feedback.. dan mohon ajak sahabat2 tuan puan memberi feedback.. setiap pandangan tuan puan amatlah dihargai..
  • Raja Aman Al-Kubra Tuan Adi Sarwajagat sila beri pandangan tuan
  • Adi Sarwajagat iman, islam dan ihsan... tanpa keseimbangan... jom solat jumaat...

  • (PETIKAN DARIPADA WALL  SULAIMAN DAWUD)
    30 Disember 2012

0 comments:

Post a Comment

 
;