Sunday 11 August 2013

TEATER BANGSAWAN DIRAJA, 'MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN'




      • Ratu Rimba Niagara shared a status update.
        TEATER BANGSAWAN DIRAJA, 'MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN'

        Inma Fernández Mocholí Wonderful, Maharaja Kutai Mulawarman.

        Oman Syaefurrochman lembu suana , mirip paksinagaliman yg ada d kraton cirebon

        Maharaja Kutai Mulawarman ini lembu ngeram yg mulia OS

        Oman Syaefurrochman oh.. ini lembu eram.. brati hampir mirip dgn yg ada d.cirebon.
        ada paksinagaliman jg singa barong yg hampir mirip. d kutai. ada 2 lembu yg brbda nama.

        Maharaja Kutai Mulawarman Nama Kudungga muncul di Prasasti yang terdapat pada Yupa yang berasal dari Abad ke 4. Ia adalah raja pertama kerajaan Hindu: Kutai Martadipura. Nama ini oleh beberapa ahli masih diyakini adalah nama "Asli" yang belum terpengaruh nama Sansekerta dari India. Kutai sering dianggap sebagai kerajaan tertua di Indonesia, oleh karenanya Kudungga bisa disebut sebagai raja pertama di Indonesia ini. Tokoh ini juga termasuk unik, karena pada silsilah kerajaan Islam di Jawa, ia disebutkan sebagai tokoh awal dari lahirnya raja-raja di Jawa, peta silsilah tersebut bisa dilihat, salah satunya di Makam Wotgaleh Berbah Sleman.

        Karya ini akan berusaha untuk menyusuri jejak-jejak Kudungga melalui arsip-arsip dan situs-situsnya yang akan ditampilkan dalam bentuk Karya Etnografi Visual. Karya ini sekaligus berusaha menafsir ulang tentang Kudungga "hari ini" yang selama ini berkembang di masyarakat melalui pembacaan atas Karya Visual tersebut. Hasil akhir dari karya ini adalah pemutaran film dan pameran foto dari ziarah visual atas penelusuran jejak-jejak Kudungga.

        Oman Syaefurrochman subhaanallaah,, semoga, hamba bisa, mendokumentasikan Makam Wotgaleh Sleman. dan kalo d.cirebon sendiri. ada salah 1 nama desa Wotgali d daerah dkt dgn Desa Gamel jg Desa Kaliwulu jg Makam Buyut Trusmi yg ada d Desa Trusmi Plered Cirebon.

        Maharaja Kutai Mulawarman Karena Merujuk Dari Pembuktian Faktual Artefak Prasasti Yupa Adalah Bukti Dari Keberadaan Dan Kemashuranya, Diyakini Prasasti Ini Dibuat Pada Abad Ke IV Masehi Namun Jauh Sebelumya Kerajaan Ini Pada Awal Tahun Masehi Sudah Ada, Walapun Merupakan Wilayah Dan Baru Dizaman Maharaja Sri Mulawarman Naladewa Kerajaan Ini Menguasai Wilayah Seluruh Segara Antara Nusa, Hal Ini Tercatat Dalam Yupa Bahwa Raja Segara Mulawarman Menaklukan Negeri-Negeri Kepulauan Melaya Dan Negara Sejajar Dengannya Adalah Langka Dewa, Maghada (India), Langka Suka Dan Amarapati (Campa), Dan Kalingga (Srilangka) Dan Funan, Tingkok (Cina) Dan Dibuktikan Dengan Kurban Agastya Acwawarman Mengirim Putra-Putranya Menjadi Raja Dikepulauan Nusantara Dan Duta-Duta Di Setiap Kerajaan-Kerajaan Itu Adalah, Tarumanegara (Jawa Barat), Sriwidjaya (Sumatra) Dan Lingga Mataram Kuno (Jawa Tengah), Dan Tana Toraja (Sulawesi), Dan Bali, Pembuktian Akurat Adalah Kurban Besar Sang Mulawarman Yakni Wafrakeswara, Jiwandana, Kalpataru, Bahagratha, Kurban Jiwa, Binatang Sapi (Lembu), Minyak Kental (Mentega Lemak Babi) Dan Minyak Wijen Dan Pohon Kehidupan Serta Bunga Malay (Bunga Teratai). Kekayaan Kerajaan Kutai Kuna Pada Saat Itu, Penghasil Emas, Dan Air Nira Dijadikan Gula Dan Tuak, Dan Sarang Walet Serta Getah Kayu Kahoi Menjadi Damar Dan Getah Kayu Gaharu, Serat Kayu Tengkawang Yang Menjadi Komoditi Miyak Dan Kayu Tanyut Menjadi Tempat Sarang Lebah Yang Menjadi Komoditi Bahan Lilin Dan Madu Serta Ikan Air Tawar Dari Ratusan Anak Sungai Mahakam Dan Danau Yg Dibuat. Sehingga Menarik Minat Perdagangan Dengan Orang-Orang Dari Kerajaan Amarawati Di Campa Kamboja, India Dan Cina.

        Maharaja Kutai Mulawarman Pada Awal Abad Masehi Di Kalimantan Berdiri Sebuah Kerajaan Yang Bernama Kerajaan Sagara, Wilayahnya Disebut Malay Atau Malaya (Mungkin Kata Malay Ini Dapat Diartikan Malaya Atau Me-lo-yo Logat Cina Atau Melayu Logat Sekarang), Yang Merupakan Orang Pribumi, Namun Kerajaan Sagara Ini Tidak Memiliki Wilayah Luas Hanya Merupakan Wilayah Meliputi Beberapa Daerah Dusun Rantau, Wilayah Disebut Malaya Yang Menguasai Perdagangan Dilaut, Adapun Kerajaan Sagara Diperkirakan Berdiri Pada Tahun 17 Masehi, Letaknya Berada Diselatan Kerajaan Singkarak Yang Beribukota Di Utara Kalimantan Sekarang Merupakan Kerajaan Kuno Di Tanah Serawak, Yang Merupakan Gerbang Perdagangan Dengan Kerajaan Li Yi Orangnya Berbahasa Cam, Dibangun Pada Tahun 192 Masehi Kerajaan Ini Disebut Campa Sekarang, Kerajaan Sagara Dipimpin Oleh Seorang Yang Disebut Penghulu Sebagai Raja Atau Penghulu Pertama Adalah Tan Pihatu Anak Seorang Putri Bernama Puan Tahani, Dalam Hikayat Tan Pihatu Membangun Kerajaan Sagara Dibantu Seorang Bernama Minak Samburakai (Minak Dalam Bahasa Kutai Kuno Berati Nenek Atau Ayah Dari Ayah Atau Ayah Dari Ibu), Dan Negerinya Diberinama Tabalariung Atau Negeri Bumbung Beratu, (Nama Tebalariung Menurut Cerita Neroyong Kutai Adalah Tebalai Indah Sekarang Diseberang Muara Kaman) Negeri Ini Digambarkan Dalam Neroyong Kutai Yang Sering Dikisahkan Pada Masa Kekanaan Dengan Judul Negeri Bumbung Beratu Dalam Cerita Ini Pihatu Membangun Negeri Penguasa Sagara Lengkap Dengan Istana Disebut Balai Riung Lengkap Dengan Senopati Dan Hulubalang Dan Menurut Dalam Neroyong Bahwa Keturunan Tan Pihatu Nantinya Akan Menikah Dengan Seorang Pembesar Kerajaan Li Yi Yaitu Seorang Utusan Dagang Bernama Ga Dong Ga Yang Menerima Seorang Pemuda Bernama Keling (Atau Si Keling) Pemuda Yang Datang Mengaku Anak Dari Suryalaya (Dewa Matahari) Dengan Nama Wangsekerta Nama Ini Kemudia Diketahui Adalah Maharaja Sri Acwawarman Yang Merupakan Anak Keturunan Barata Yang Menjadi Raja Di Salakanegara Di Tanjung Tanah Sundapurwa.
        Kerajaan Salakanegara Inilah Yang Awalnya Disebut Wilayah Kepala Desa Setempat Yang Bernama Aki Tirem Atau Sang Aki Luhurmulya. Aki Tirem Menurut Hikayat Yang Dibuat Berdasarkan Kajian Sejarah Gotrasawala Ditulis Para Pakar Disebut Mahakawi Kerajaan Salakanegara Berasal Dari Swarnabhumi (Sumatera), Sementara Leluhurnya Berasal Dari India. Selain Itu Didalam Pustaka Rajya-Rajya I Bhumi Nusantara, Terdapat Naskah-Naskah Lainnya Yang Disusun Panitia Wangsakerta, Seperti Carita Parahyangan, Nagarakretabhumi, Pustaka Dwipantara, Pustaka Pararawtan I Bhumi Jawadwipa. Disitu Pula Disebutkan Bahwa Tatkala Aki Tirem Sakit Parah, Ia Menyerahkan Daerah Kekuasaannya Kepada Dewawarman, Menantunya. Setelah Aki Tirem Wafat, Dewawarman Segera Mengumumkan Berdirinya Kerajaan Hindu Di Ujungkulon Bernama Salakanagara. Pwahaci Larasati Pun Menjadi Permaisuri Dengan Gelar Dewi Dhwanirahayu. Disebutkan Dalam Pustaka Tersebut, Dewawarman (Disebut Juga Dewawarman I) Memerintah Tahun 130-168 Masehi. Dari Pernikahannya Dengan Pwahaci Larasati, Dewawarman Memiliki Beberapa Anak. Satu Di Antaranya Anaknya Kemudian Menggantikannya Menjadi Raja, Yakni Yang Bergelar Prabu Digwijayakasa Dewawarman (Dewawarman II) Yang Memerintah Tahun 168-195 M. Dewawarman Pun Memiliki Istri Lain Seorang Putri Pallawa Yang Meninggal Di Negerinya Keturunannya Pun Tetap Tinggal Di India Hal Ini Juga Tertuang Dalam Kronik (Berita) Cina Yang Menyebutkan Bahwa Pada Tahun 132 M Di Wilayah Jawa Bagian Barat Ada Raja Bernama Pien Dari Kerajaan Ye-Tiao. Pien Merupakan Nama Cina Untuk Dewawarman, Sedangkan Ye-Tiao Lafal Cina Untuk Jawadwipa.

        Maharaja Kutai Mulawarman Keterangan Keberadaan Kerajaan Kota Perak Dalam Catatan Ahli Geografi Yunani Kuno Bertahun 150 M, Ptolemeus. Ia Menulisnya Dengan Nama Argyre Yang Ada Kemiripan Dengan Tutur Didalam Hikayat Cerita Neroyong Ganda Kusuma, Didalam Neroyong Tersebut Dituturkan Bahwasanya Ga Dong Ga Adalah Saudara Raja Kota Perak Atau Negeri Perak Gemilang Kaca Atau Oleh Orang Cina Kerajaan Ini Disebut Kerajaan Li Yi Bangsa Cam, Adapun Raja Negeri Perak Gemilang Kaca Ini, Setelah Menjadi Raja Bergelar Radjendrawarma Yang Memberikan Hak Kuasa Dagang Kepada Saudaranya Untuk Menjadi Seorang Saudagar Dari Kerajaan Li Yi Bangsa Cam, Bernama Ga Dong Ga Tersebut Yang Kemudian Dikenal Dengan Nama Maharaja Sri Kudungga Yang Kawin Dengan Anak Raja Sagara Bernama Putri Puan Gamboh Yang Melahirkan Putri Puan Gari Menurut Hikayat Putri Inilah Yang Kawin Dengan Wangsekerta, Dan Melahirkan Maharaja Sri Mulawarman Nala Dewa Yang Menjadi Raja Sagara Tertuang Dalam Prasasti Yupa Disebut Raja Penakluk Pravatam Sadiva Malaya. Jadi Awalnya Raja Kalimantan Kuno Adalah Penduduk Peribumi Bernama Bangsa Malay (Melayu Tua) Ras Proto dan Duntro Malay Terjadi Karena Bangsa Ini Menerima Kedatangan Dari Koloni Bangsa Cam Dan Bangsa Bharata Yang Membawa Pengaruh Agama Hindu Dan Budha. Kerajaan Sagara Berkembang Pesat Oleh Pedagang India Kerajaan Ini Disebut Quitaire Daerahnya Disebut Ratnadwivantara Sedangkan Pulaunya Disebut Naladwiva Dan Bandarnya Atau Ibukotanya Disebut Martapura. Kerajaan Ini Telah Ada Sejak Tahun 17 Masehi, Dan Kerajaan Ini Menguasai Nusa-Nusa (Pulau-Pulau) Pada Waktu Wangsakarta Mengirim Panglima Perangya Kepenjuru Nusa Di Setiap Penjuru Sagara (Lautan) Panglima Perang Tersebut Dipimpin Oleh Tiga Orang Putra Wangsekerta Gelar Maharaja Sri Acwawarman Adapun Putra-Putranya Tiga Orang Antaranya Mahasenapati Wangseragen Yang Nantinya Menjadi Penguasa Sadiva Malaya Dengan Gelar Maharaja Sri Mulawarman Naladwipa. Dan Putra Kedua Bernama Mahasenopati Wangsejenjat Gelar Maharaja Dijayawarman Memperisteri Putri Raja Campa Dan Menjadi Raja Pula Di Campa (Kamboja Sekarang). Yang Menurunkan Dapunta Hiyang Raja Sriwidjaya (Sumatra Tahun 584) Dan Menurunkan Darma Setu. Sedangkan Putra Ketiga Bernama Mahasenopati Wangseteku Gelar Maharaja Gunawarman, Yang Tinggal Di Kerajaan Salakanegara, Adalah Ayah Dari Wirawarman yang Menikah Dengan Dewi Candika Putri Maharaja Yudhadana (Raja Bawahan Tarumanagara Wilayah Medang Purwa 2 Dan Medang Giri). Kemudian, Dewi Can­dika Dengan Wira­warman Beranak Beberapa Orang, Dua Di An­taranya, Amudrawarman Dan Dewi Jwalita. Kemudian, Dewi Jwali­ta Dijadikan Permaisuri Oleh Sri Maharaja Purnawar­aman. Pernikahan Inilah Yang Menjadikan Maharaja Purnawarman Sebagai Raja Ketiga Di Kerajaan Tarumanagara. Itulah Makna Dalam Perasati Yupa Mengatakan Bahwa Tiga Putra Maharaja Sri Acwawarman Itu Seperti Api Sinaya Dan Menjadikan Maharaja Sri Mulawarman Nala Dewa Sebagai Raja Yang Kuat Dan Berwibawa Serta Berkuasa Sebagai Anak Raja Segara.

        Sir-Kurt Alleyne Honored and Blessed Respect YM. Maharaja Kutai Mulawarman

        Oman Syaefurrochman subhaanallaaah.. catatan bukti sejarah ini. akan hamba salin, dan akan hamba jadikan arsip pribadi. u/ anak cucu kita nanti.

        Maharaja Kutai Mulawarman El regalo es una señal de que Dios es uno;

        Datoq Marangan Bahasa apa tu Boq....? Aneh2 aja bahasa awak ne..

        Maharaja Kutai Mulawarman ne artinya datoq : Karunia Adalah Tanda bahwa tuhan itu esa

        Dresti Budi Widadi Subehanallah salam santun dan salam rahayu

        Ratu Rimba Niagara SEMUA YANG TERJADI ADA YANG TERISIRAT DISEBALIK YANG TERSURAT.
        TUAH EMBA ARAI
        APA IKATAN EMBA ARAI DENGAN BAHUSWARNAKAM KUTAI MULAWARMAN

        MARILAH BERSAMA BETA SUSAH SENANG KITA BERSAMA

        KDYMM MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN BERJIWA PAHLAWAN FISABILILLAH DEMI RAKYAT DAN NUSANTARA AKAN DIPERTAHANKAN SEHINGGA KE TETESAN DARAH TERAKHIR

        SEMBAH TAHNIAH!
        DAULAT TUANKU!
        MOGA KERAJAAN MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN
        DIRAHMATI ALLAH SWT AAMIIN

        DI SYURGA KASIH TERSIMPUL MATI

        RAKYAT BETA YANG DIKASIHI,
        MARILAH BERSAMA BETA;
        PERTAHANKAN BUMI NUSANTARA INI,
        SUSAH SENANG KITA BERSAMA.

        BETA PERTARUHKAN NYAWA,
        DEMI RAKYAT NUSANTARA TERCINTA;
        INILAH TANDA CINTA BETA,
        PADA RAKYAT & NUSANTARA TERCINTA.

        TAK AKAN BERUNDUR BIARPUN SEINCI,
        DI BUMI BERTUAH NUSANTARA INI;
        KITA LAYARKAN PERJUANGAN ILAHI,
        AGAR KITA SEMUA DIBERKATI.

        USAHLAH DIBIMBANG DUHAI RAKYAT,
        KASIH BETA ADALAH MENGUTAMAKAN RAKYAT;
        KARENA ITU TANGGUNGJAWAB BETA PADA RAKYAT,
        BERUSAHA SELAGI DAYA MAJUKAN RAKYAT.

        JANGANLAH DARJAT MEMISAHKAN KITA,
        DARAH KITA WARNA YANG SAMA;
        BERSAMALAH MAJUKAN NEGARA KITA,
        SUSAH SENANG KITA BERSAMA.

        ANDAI BETA DIJEMPUT ILAHI,
        JAGALAH BUMI NUSANTARA INI;
        AGAR DAPAT GENERASI WARISI,
        BARULAH TENANG DI SANA NANTI.

        KIRIMAN DOA AMAT DINANTI,
        JANGAN DILUPAI SAMA SEKALI;
        ALAM BARZAH TEMPAT ABADI,
        SEMENTARA QIAMAT DATANGI.

        MOGA KITA BERTEMU LAGI,
        DI SYURGA NEGERI ABADI;
        SEGALA KEINDAHAN DIKECAPI,
        DI SYURGA KASIH TERSIMPUL MATI.

        KARYA RATU RIMBA NIAGARA
        (GURINDAM KALBU DIILHAMKAN ISTIMEWA UNTUK MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN & SELURUH RAKYAT NUSANTARA TERCINTA)
        5 Syawal 1434H
        12 Ogos 2013M

        (KARYA DISIARKAN SEMPENA MERAIKAN HARI KEMERDEKAN INDONESIA 17 AGUSTUS 2013 /MALAYSIA 31 OGOS 2013m)
        5 Syawal 1434H
        12 Ogos 2013M

      • Rusdal Fajr St Inayatsyah shared Maharaja Kutai Mulawarman'sphoto.

        • Rusdal Fajr St Inayatsyah shared Maharaja Kutai Mulawarman's photo.
          Unlike ·  · 2 hours ago · 
          • You and 3 others like this.
          • Ratu Rimba Niagara MARILAH BERSAMA BETA SUSAH SENANG KITA BERSAMA

            KDYMM MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN BERJIWA PAHLAWAN FISABILILLAH DEMI RAKYAT DAN NUSANTARA AKAN DIPERTAHANKAN SEHINGGA KE TETESAN DARAH TERAKHIR

            SEMBAH TAHNIAH!

            DAULAT TUANKU!
            MOGA KERAJAAN MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN 
            DIRAHMATI ALLAH SWT AAMIIN

            DI SYURGA KASIH TERSIMPUL MATI

            RAKYAT BETA YANG DIKASIHI,
            MARILAH BERSAMA BETA;
            PERTAHANKAN BUMI NUSANTARA INI,
            SUSAH SENANG KITA BERSAMA.

            BETA PERTARUHKAN NYAWA,
            DEMI RAKYAT NUSANTARA TERCINTA;
            INILAH TANDA CINTA BETA,
            PADA RAKYAT & NUSANTARA TERCINTA.

            TAK AKAN BERUNDUR BIARPUN SEINCI,
            DI BUMI BERTUAH NUSANTARA INI;
            KITA LAYARKAN PERJUANGAN ILAHI,
            AGAR KITA SEMUA DIBERKATI.

            USAHLAH DIBIMBANG DUHAI RAKYAT,
            KASIH BETA ADALAH MENGUTAMAKAN RAKYAT;
            KARENA ITU TANGGUNGJAWAB BETA PADA RAKYAT,
            BERUSAHA SELAGI DAYA MAJUKAN RAKYAT.

            JANGANLAH DARJAT MEMISAHKAN KITA,
            DARAH KITA WARNA YANG SAMA;
            BERSAMALAH MAJUKAN NEGARA KITA,
            SUSAH SENANG KITA BERSAMA.

            ANDAI BETA DIJEMPUT ILAHI,
            JAGALAH BUMI NUSANTARA INI;
            AGAR DAPAT GENERASI WARISI,
            BARULAH TENANG DI SANA NANTI.

            KIRIMAN DOA AMAT DINANTI,
            JANGAN DILUPAI SAMA SEKALI;
            ALAM BARZAH TEMPAT ABADI,
            SEMENTARA QIAMAT DATANGI.

            MOGA KITA BERTEMU LAGI,
            DI SYURGA NEGERI ABADI;
            SEGALA KEINDAHAN DIKECAPI,
            DI SYURGA KASIH TERSIMPUL MATI.

            KARYA RATU RIMBA NIAGARA
            (GURINDAM KALBU DIILHAMKAN ISTIMEWA UNTUK MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN & SELURUH RAKYAT NUSANTARA TERCINTA)
            5 Syawal 1434H
            12 Ogos 2013M

  1. TEATER BANGSAWAN DIRAJA, 'MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN'

    Inma Fernández Mocholí Wonderful, Maharaja Kutai Mulawarman.

    Oman Syaefurrochman lembu suana , mirip paksinagaliman yg ada d kraton cirebon

    Maharaja Kutai Mulawarman ini lembu ngeram yg mulia OS

    Oman Syaefurrochman oh.. ini lembu eram.. brati hampir mirip dgn yg ada d.cirebon.
    ada paksinagaliman jg singa barong yg hampir mirip. d kutai. ada 2 lembu yg brbda nama.

    Maharaja Kutai Mulawarman Nama Kudungga muncul di Prasasti yang terdapat pada Yupa yang berasal dari Abad ke 4. Ia adalah raja pertama kerajaan Hindu: Kutai Martadipura. Nama ini oleh beberapa ahli masih diyakini adalah nama "Asli" yang belum terpengaruh nama Sansekerta dari India. Kutai sering dianggap sebagai kerajaan tertua di Indonesia, oleh karenanya Kudungga bisa disebut sebagai raja pertama di Indonesia ini. Tokoh ini juga termasuk unik, karena pada silsilah kerajaan Islam di Jawa, ia disebutkan sebagai tokoh awal dari lahirnya raja-raja di Jawa, peta silsilah tersebut bisa dilihat, salah satunya di Makam Wotgaleh Berbah Sleman.

    Karya ini akan berusaha untuk menyusuri jejak-jejak Kudungga melalui arsip-arsip dan situs-situsnya yang akan ditampilkan dalam bentuk Karya Etnografi Visual. Karya ini sekaligus berusaha menafsir ulang tentang Kudungga "hari ini" yang selama ini berkembang di masyarakat melalui pembacaan atas Karya Visual tersebut. Hasil akhir dari karya ini adalah pemutaran film dan pameran foto dari ziarah visual atas penelusuran jejak-jejak Kudungga.

    Oman Syaefurrochman subhaanallaah,, semoga, hamba bisa, mendokumentasikan Makam Wotgaleh Sleman. dan kalo d.cirebon sendiri. ada salah 1 nama desa Wotgali d daerah dkt dgn Desa Gamel jg Desa Kaliwulu jg Makam Buyut Trusmi yg ada d Desa Trusmi Plered Cirebon.

    Maharaja Kutai Mulawarman Karena Merujuk Dari Pembuktian Faktual Artefak Prasasti Yupa Adalah Bukti Dari Keberadaan Dan Kemashuranya, Diyakini Prasasti Ini Dibuat Pada Abad Ke IV Masehi Namun Jauh Sebelumya Kerajaan Ini Pada Awal Tahun Masehi Sudah Ada, Walapun Merupakan Wilayah Dan Baru Dizaman Maharaja Sri Mulawarman Naladewa Kerajaan Ini Menguasai Wilayah Seluruh Segara Antara Nusa, Hal Ini Tercatat Dalam Yupa Bahwa Raja Segara Mulawarman Menaklukan Negeri-Negeri Kepulauan Melaya Dan Negara Sejajar Dengannya Adalah Langka Dewa, Maghada (India), Langka Suka Dan Amarapati (Campa), Dan Kalingga (Srilangka) Dan Funan, Tingkok (Cina) Dan Dibuktikan Dengan Kurban Agastya Acwawarman Mengirim Putra-Putranya Menjadi Raja Dikepulauan Nusantara Dan Duta-Duta Di Setiap Kerajaan-Kerajaan Itu Adalah, Tarumanegara (Jawa Barat), Sriwidjaya (Sumatra) Dan Lingga Mataram Kuno (Jawa Tengah), Dan Tana Toraja (Sulawesi), Dan Bali, Pembuktian Akurat Adalah Kurban Besar Sang Mulawarman Yakni Wafrakeswara, Jiwandana, Kalpataru, Bahagratha, Kurban Jiwa, Binatang Sapi (Lembu), Minyak Kental (Mentega Lemak Babi) Dan Minyak Wijen Dan Pohon Kehidupan Serta Bunga Malay (Bunga Teratai). Kekayaan Kerajaan Kutai Kuna Pada Saat Itu, Penghasil Emas, Dan Air Nira Dijadikan Gula Dan Tuak, Dan Sarang Walet Serta Getah Kayu Kahoi Menjadi Damar Dan Getah Kayu Gaharu, Serat Kayu Tengkawang Yang Menjadi Komoditi Miyak Dan Kayu Tanyut Menjadi Tempat Sarang Lebah Yang Menjadi Komoditi Bahan Lilin Dan Madu Serta Ikan Air Tawar Dari Ratusan Anak Sungai Mahakam Dan Danau Yg Dibuat. Sehingga Menarik Minat Perdagangan Dengan Orang-Orang Dari Kerajaan Amarawati Di Campa Kamboja, India Dan Cina.

    Maharaja Kutai Mulawarman Pada Awal Abad Masehi Di Kalimantan Berdiri Sebuah Kerajaan Yang Bernama Kerajaan Sagara, Wilayahnya Disebut Malay Atau Malaya (Mungkin Kata Malay Ini Dapat Diartikan Malaya Atau Me-lo-yo Logat Cina Atau Melayu Logat Sekarang), Yang Merupakan Orang Pribumi, Namun Kerajaan Sagara Ini Tidak Memiliki Wilayah Luas Hanya Merupakan Wilayah Meliputi Beberapa Daerah Dusun Rantau, Wilayah Disebut Malaya Yang Menguasai Perdagangan Dilaut, Adapun Kerajaan Sagara Diperkirakan Berdiri Pada Tahun 17 Masehi, Letaknya Berada Diselatan Kerajaan Singkarak Yang Beribukota Di Utara Kalimantan Sekarang Merupakan Kerajaan Kuno Di Tanah Serawak, Yang Merupakan Gerbang Perdagangan Dengan Kerajaan Li Yi Orangnya Berbahasa Cam, Dibangun Pada Tahun 192 Masehi Kerajaan Ini Disebut Campa Sekarang, Kerajaan Sagara Dipimpin Oleh Seorang Yang Disebut Penghulu Sebagai Raja Atau Penghulu Pertama Adalah Tan Pihatu Anak Seorang Putri Bernama Puan Tahani, Dalam Hikayat Tan Pihatu Membangun Kerajaan Sagara Dibantu Seorang Bernama Minak Samburakai (Minak Dalam Bahasa Kutai Kuno Berati Nenek Atau Ayah Dari Ayah Atau Ayah Dari Ibu), Dan Negerinya Diberinama Tabalariung Atau Negeri Bumbung Beratu, (Nama Tebalariung Menurut Cerita Neroyong Kutai Adalah Tebalai Indah Sekarang Diseberang Muara Kaman) Negeri Ini Digambarkan Dalam Neroyong Kutai Yang Sering Dikisahkan Pada Masa Kekanaan Dengan Judul Negeri Bumbung Beratu Dalam Cerita Ini Pihatu Membangun Negeri Penguasa Sagara Lengkap Dengan Istana Disebut Balai Riung Lengkap Dengan Senopati Dan Hulubalang Dan Menurut Dalam Neroyong Bahwa Keturunan Tan Pihatu Nantinya Akan Menikah Dengan Seorang Pembesar Kerajaan Li Yi Yaitu Seorang Utusan Dagang Bernama Ga Dong Ga Yang Menerima Seorang Pemuda Bernama Keling (Atau Si Keling) Pemuda Yang Datang Mengaku Anak Dari Suryalaya (Dewa Matahari) Dengan Nama Wangsekerta Nama Ini Kemudia Diketahui Adalah Maharaja Sri Acwawarman Yang Merupakan Anak Keturunan Barata Yang Menjadi Raja Di Salakanegara Di Tanjung Tanah Sundapurwa.
    Kerajaan Salakanegara Inilah Yang Awalnya Disebut Wilayah Kepala Desa Setempat Yang Bernama Aki Tirem Atau Sang Aki Luhurmulya. Aki Tirem Menurut Hikayat Yang Dibuat Berdasarkan Kajian Sejarah Gotrasawala Ditulis Para Pakar Disebut Mahakawi Kerajaan Salakanegara Berasal Dari Swarnabhumi (Sumatera), Sementara Leluhurnya Berasal Dari India. Selain Itu Didalam Pustaka Rajya-Rajya I Bhumi Nusantara, Terdapat Naskah-Naskah Lainnya Yang Disusun Panitia Wangsakerta, Seperti Carita Parahyangan, Nagarakretabhumi, Pustaka Dwipantara, Pustaka Pararawtan I Bhumi Jawadwipa. Disitu Pula Disebutkan Bahwa Tatkala Aki Tirem Sakit Parah, Ia Menyerahkan Daerah Kekuasaannya Kepada Dewawarman, Menantunya. Setelah Aki Tirem Wafat, Dewawarman Segera Mengumumkan Berdirinya Kerajaan Hindu Di Ujungkulon Bernama Salakanagara. Pwahaci Larasati Pun Menjadi Permaisuri Dengan Gelar Dewi Dhwanirahayu. Disebutkan Dalam Pustaka Tersebut, Dewawarman (Disebut Juga Dewawarman I) Memerintah Tahun 130-168 Masehi. Dari Pernikahannya Dengan Pwahaci Larasati, Dewawarman Memiliki Beberapa Anak. Satu Di Antaranya Anaknya Kemudian Menggantikannya Menjadi Raja, Yakni Yang Bergelar Prabu Digwijayakasa Dewawarman (Dewawarman II) Yang Memerintah Tahun 168-195 M. Dewawarman Pun Memiliki Istri Lain Seorang Putri Pallawa Yang Meninggal Di Negerinya Keturunannya Pun Tetap Tinggal Di India Hal Ini Juga Tertuang Dalam Kronik (Berita) Cina Yang Menyebutkan Bahwa Pada Tahun 132 M Di Wilayah Jawa Bagian Barat Ada Raja Bernama Pien Dari Kerajaan Ye-Tiao. Pien Merupakan Nama Cina Untuk Dewawarman, Sedangkan Ye-Tiao Lafal Cina Untuk Jawadwipa.

    Maharaja Kutai Mulawarman Keterangan Keberadaan Kerajaan Kota Perak Dalam Catatan Ahli Geografi Yunani Kuno Bertahun 150 M, Ptolemeus. Ia Menulisnya Dengan Nama Argyre Yang Ada Kemiripan Dengan Tutur Didalam Hikayat Cerita Neroyong Ganda Kusuma, Didalam Neroyong Tersebut Dituturkan Bahwasanya Ga Dong Ga Adalah Saudara Raja Kota Perak Atau Negeri Perak Gemilang Kaca Atau Oleh Orang Cina Kerajaan Ini Disebut Kerajaan Li Yi Bangsa Cam, Adapun Raja Negeri Perak Gemilang Kaca Ini, Setelah Menjadi Raja Bergelar Radjendrawarma Yang Memberikan Hak Kuasa Dagang Kepada Saudaranya Untuk Menjadi Seorang Saudagar Dari Kerajaan Li Yi Bangsa Cam, Bernama Ga Dong Ga Tersebut Yang Kemudian Dikenal Dengan Nama Maharaja Sri Kudungga Yang Kawin Dengan Anak Raja Sagara Bernama Putri Puan Gamboh Yang Melahirkan Putri Puan Gari Menurut Hikayat Putri Inilah Yang Kawin Dengan Wangsekerta, Dan Melahirkan Maharaja Sri Mulawarman Nala Dewa Yang Menjadi Raja Sagara Tertuang Dalam Prasasti Yupa Disebut Raja Penakluk Pravatam Sadiva Malaya. Jadi Awalnya Raja Kalimantan Kuno Adalah Penduduk Peribumi Bernama Bangsa Malay (Melayu Tua) Ras Proto dan Duntro Malay Terjadi Karena Bangsa Ini Menerima Kedatangan Dari Koloni Bangsa Cam Dan Bangsa Bharata Yang Membawa Pengaruh Agama Hindu Dan Budha. Kerajaan Sagara Berkembang Pesat Oleh Pedagang India Kerajaan Ini Disebut Quitaire Daerahnya Disebut Ratnadwivantara Sedangkan Pulaunya Disebut Naladwiva Dan Bandarnya Atau Ibukotanya Disebut Martapura. Kerajaan Ini Telah Ada Sejak Tahun 17 Masehi, Dan Kerajaan Ini Menguasai Nusa-Nusa (Pulau-Pulau) Pada Waktu Wangsakarta Mengirim Panglima Perangya Kepenjuru Nusa Di Setiap Penjuru Sagara (Lautan) Panglima Perang Tersebut Dipimpin Oleh Tiga Orang Putra Wangsekerta Gelar Maharaja Sri Acwawarman Adapun Putra-Putranya Tiga Orang Antaranya Mahasenapati Wangseragen Yang Nantinya Menjadi Penguasa Sadiva Malaya Dengan Gelar Maharaja Sri Mulawarman Naladwipa. Dan Putra Kedua Bernama Mahasenopati Wangsejenjat Gelar Maharaja Dijayawarman Memperisteri Putri Raja Campa Dan Menjadi Raja Pula Di Campa (Kamboja Sekarang). Yang Menurunkan Dapunta Hiyang Raja Sriwidjaya (Sumatra Tahun 584) Dan Menurunkan Darma Setu. Sedangkan Putra Ketiga Bernama Mahasenopati Wangseteku Gelar Maharaja Gunawarman, Yang Tinggal Di Kerajaan Salakanegara, Adalah Ayah Dari Wirawarman yang Menikah Dengan Dewi Candika Putri Maharaja Yudhadana (Raja Bawahan Tarumanagara Wilayah Medang Purwa 2 Dan Medang Giri). Kemudian, Dewi Can­dika Dengan Wira­warman Beranak Beberapa Orang, Dua Di An­taranya, Amudrawarman Dan Dewi Jwalita. Kemudian, Dewi Jwali­ta Dijadikan Permaisuri Oleh Sri Maharaja Purnawar­aman. Pernikahan Inilah Yang Menjadikan Maharaja Purnawarman Sebagai Raja Ketiga Di Kerajaan Tarumanagara. Itulah Makna Dalam Perasati Yupa Mengatakan Bahwa Tiga Putra Maharaja Sri Acwawarman Itu Seperti Api Sinaya Dan Menjadikan Maharaja Sri Mulawarman Nala Dewa Sebagai Raja Yang Kuat Dan Berwibawa Serta Berkuasa Sebagai Anak Raja Segara.

    Sir-Kurt Alleyne Honored and Blessed Respect YM. Maharaja Kutai Mulawarman

    Oman Syaefurrochman subhaanallaaah.. catatan bukti sejarah ini. akan hamba salin, dan akan hamba jadikan arsip pribadi. u/ anak cucu kita nanti.

    Maharaja Kutai Mulawarman El regalo es una señal de que Dios es uno;

    Datoq Marangan Bahasa apa tu Boq....? Aneh2 aja bahasa awak ne..

    Maharaja Kutai Mulawarman ne artinya datoq : Karunia Adalah Tanda bahwa tuhan itu esa

    Dresti Budi Widadi Subehanallah salam santun dan salam rahayu

    Ratu Rimba Niagara SEMUA YANG TERJADI ADA YANG TERISIRAT DISEBALIK YANG TERSURAT.
    TUAH EMBA ARAI
    APA IKATAN EMBA ARAI DENGAN BAHUSWARNAKAM KUTAI MULAWARMAN

    MARILAH BERSAMA BETA SUSAH SENANG KITA BERSAMA

    KDYMM MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN BERJIWA PAHLAWAN FISABILILLAH DEMI RAKYAT DAN NUSANTARA AKAN DIPERTAHANKAN SEHINGGA KE TETESAN DARAH TERAKHIR

    SEMBAH TAHNIAH!
    DAULAT TUANKU!
    MOGA KERAJAAN MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN
    DIRAHMATI ALLAH SWT AAMIIN

    DI SYURGA KASIH TERSIMPUL MATI

    RAKYAT BETA YANG DIKASIHI,
    MARILAH BERSAMA BETA;
    PERTAHANKAN BUMI NUSANTARA INI,
    SUSAH SENANG KITA BERSAMA.

    BETA PERTARUHKAN NYAWA,
    DEMI RAKYAT NUSANTARA TERCINTA;
    INILAH TANDA CINTA BETA,
    PADA RAKYAT & NUSANTARA TERCINTA.

    TAK AKAN BERUNDUR BIARPUN SEINCI,
    DI BUMI BERTUAH NUSANTARA INI;
    KITA LAYARKAN PERJUANGAN ILAHI,
    AGAR KITA SEMUA DIBERKATI.

    USAHLAH DIBIMBANG DUHAI RAKYAT,
    KASIH BETA ADALAH MENGUTAMAKAN RAKYAT;
    KARENA ITU TANGGUNGJAWAB BETA PADA RAKYAT,
    BERUSAHA SELAGI DAYA MAJUKAN RAKYAT.

    JANGANLAH DARJAT MEMISAHKAN KITA,
    DARAH KITA WARNA YANG SAMA;
    BERSAMALAH MAJUKAN NEGARA KITA,
    SUSAH SENANG KITA BERSAMA.

    ANDAI BETA DIJEMPUT ILAHI,
    JAGALAH BUMI NUSANTARA INI;
    AGAR DAPAT GENERASI WARISI,
    BARULAH TENANG DI SANA NANTI.

    KIRIMAN DOA AMAT DINANTI,
    JANGAN DILUPAI SAMA SEKALI;
    ALAM BARZAH TEMPAT ABADI,
    SEMENTARA QIAMAT DATANGI.

    MOGA KITA BERTEMU LAGI,
    DI SYURGA NEGERI ABADI;
    SEGALA KEINDAHAN DIKECAPI,
    DI SYURGA KASIH TERSIMPUL MATI.

    KARYA RATU RIMBA NIAGARA
    (GURINDAM KALBU DIILHAMKAN ISTIMEWA UNTUK MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN & SELURUH RAKYAT NUSANTARA TERCINTA)
    5 Syawal 1434H
    12 Ogos 2013M

    (KARYA DISIARKAN SEMPENA MERAIKAN HARI KEMERDEKAN INDONESIA 17 AGUSTUS 2013 /MALAYSIA 31 OGOS 2013m)
    5 Syawal 1434H
    12 Ogos 2013M
    Like ·  · Promote · 
  2. TEATER BANGSAWAN DIRAJA,'SUNAN PAKUBUWONO VI, "WAHAI KAWULAKU, WARGA NUSANTARA AKU RAJAMU..."

    Yulian Mashuri Nugroho mhn info,siapa itu yang tampil di poster?

    Ratu Rimba Niagara MALAM TAK BERBINTANG
    MALAM TAK BERPURNAMA
    YANG ADA BINTANG-BINTANG
    DI ATAS PENTAS BANGSAWAN DIRAJA
    DARI NEGARA-NEGARA SAHABAT DALAM RANGKA KEGIATAN
    SILATURAHMI NASIONAL RAJA DAN SULTAN NUSANTARA III-2013
    DI MALANG. 21 Juni 2013
    MOGA SEMUANYA SUKSES
    MEMBAWA ARTI YANG BESAR KEPADA SELURUH RAKYAT
    DAN RAJA NUSANTARA. AAMIIN YA RABBAL A'LAMIIN.

    Alang Azmi Yusuf takan melayu hilang didunia...... raja zalim raja ku sanggah raja adil raja ku sanjung..............

    Ratu Rimba Niagara Rajaku sentiasa adil
    karna dia ditakdirkan menjadi raja
    untuk menabur bakti pada rakyatnya yang perlu dibantu...karna jasa rajalah makanya Indonesia ini meraih kemerdekaan. Pahlawan raja rela mati demi menghadiahkan kemerdekaan Indonesia kepada rakyatnya...
    Makanya Institusi diRaja Nusantara mesti dimartabatkan oleh semua rakyat Nusantara sebagai menghargai jasa raja yang rela gugur di medan juang demi rakyat tercinta.

    SUNAN PAKUBUWONO VI ,"WAHAI KAWULAKU, WARGA NUSANTARA AKU RAJAMU..."

    Sunan Pakubuwono VI...
    demi Nusantara tercinta kau rela
    pertaruhkan nyawamu di setiap penjuru waktu
    tubuhnmu di hujani peluru
    ditembusi peluru di segenap tubuhmu

    ketika peluru tepat terkena di atas pelupuk mata
    sebelah kanan dan pada dahimu sebelah kanan
    tertembus peluru senjata, "Banker Rifle"

    tubuhmu bermandikan
    darah...darah...darah...
    merah...merah...merah...
    pekat...pekat...pekat...
    mengalir deras tanpa henti

    wajahmu tersenyum tenang
    lalu berkata,
    "Wahai kawulaku, warga Nusantara...
    Aku Rajamu...
    Aku rela pecahkan kepalaku
    dan tumpahkan darahku
    lewat senapang Banker Rifle dari
    tangan angkara penjajah Belanda,
    demi cita-cita kemerdekaanmu !”.

    Setelah habis berkata nafas pun terhenti
    dan mata pun terpejam rapat tapi masih
    tersenyum indah untuk diwariskan
    kepada seluruh warga Indonesia
    dengan harapan wasiatnya didengari
    lalu pertahankan kemerdekaan
    Indonesia hingga ke tetesan darah terakhir!

    Biarpun hampir seratus delapan tahun
    pemergian Sunan Pakubuwono VI
    jasa kepahlawananmu masih diingat
    hingga ke saat ini dan tidak akan dilupa
    sampai kapan pun!
    Memang selayaknyalah Pemerintah Republik Indonesia
    mengangkat mu sebagai ,
    'PAHLAWAN kEMERDEKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA!'

    Karya Ratu Rimba Niagara
    5 Syawal 1434H
    12 Agustus 2013M

    DISIARKAN PUISI BAGI MERAIKAN HARI KEMERDEKAAN INDONESIA PADA
    17 AGUSTUS 2013/ MALAYSIA 31 OGOS 2013


    SELAMAT MENYAMBUT HARI KEMERDEKAAN INDONESIA TERCINTA!

    Selamat Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia Tercinta
    Sekalung tahniah buatmu
    Merah putih sentiasa berkibar megah
    Semegah rakyat Indonesia
    Semegah ibu pertiwi Indonesia

    Setiap 17 Agustus kau sentiasa
    diraikan seluruh rakyat Indonesia
    penuh bangga
    penuh megah
    menyanjungimu menyayangimu
    karena memiikimu bukanlah mudah!
    darah para kasatria diRaja
    sebati di bumi
    untuk pertahankan ibu pertiwi
    nyawa jadi taruhan
    karena keberanian
    para ksatria diRaja
    rela mati di medan juang
    meraih kemerdekaan untuk Indonesia
    makanya Indonesia
    akan terus merdeka
    dalam arti kata yang sebenar-benarnya
    mengikut kehendak rakyat dan ibu pertiwi
    tak akan ada penyelewengan cinta
    pada ibu pertiwi
    karena segala pengorbanan kasatria diRaja
    akan menjadi percuma
    makanya Indonesia harus bersatu
    bagi mempertahankan bumi bertuah
    Indonesia daripada dijajah kembali
    karena kemerdekaan Indonesia
    adalah hadiah daripada tetesan darah kasatria diRaja
    untuk anak bangsa dan ibu pertiwi Indonesia!

    Berkibarlah! Berkibarlah! Berkibarlah Merah Putih!
    dengan penuh rasa megah dan bangga

    Garuda diRaja di angkasa raya berterbangan
    sambil mengibarkan merah putih
    lambang kemegahan Indonesia

    Merah putih akan sentiasa berkibar megah
    dikibarkan oleh semua rakyat Indonesia
    yang cintakan Indonesia
    lambang cinta pada Indonesia
    dan tanda menghargai jasa para kasatria diRaja
    yang rela gugur di medan juang!

    'SELAMAT MENYAMBUT HARI KEMERDEKAAN INDONESIA TERCINTA!'
    'KUCINTA DAN SAYANGIMU SAMPAI KAPAN PUN!
    ' NYAWAKU INI JADI TARUHAN DEMI CINTAKU PADAMU'
    'INILAH HADIAHKU UNTUK GENERASI SENUSANTARA MASA HADAPAN'

    KARYA RATU RIMBA NIAGARA
    17 Agustus 2012
    28 Ramadan 1433H
    (PUISI DIILHAMKAN ISTIMEWA UNTUK SELURUH RAKYAT INDONESIA TERCINTA SEMPENA MERAIKAN HARI KEMERDEKAAN INDONESIA KE-68 PADA 17 AGUSTUS 2013)

    RAJA BERJIWA HAMBA

    RAJA YANG BERJIWA HAMBA
    DIBERI DARJAT DIRAJA
    TAPI MASIH MAHU
    MENUNDUKKAN DARJAT
    DI HADAPAN RAJA SEGALA RAJA
    YANG MEMERINTAH ALAM SEMESTA INI!
    KARENA TAHU TANGGUNGJAWAB SEBAGAI SEORANG KHALIFAH-NYA
    MAKANYA BAGINDA YANG BERJIWA HAMBA SELALU AMBIL
    PERHATIAN DENGAN MASALAH RAKYAT UNTUK DIKONGSI SAMA
    SUSAH DAN SENANG!
    DAULAT TUANKU!
    PATIK TERHARU DENGAN SIFAT MERENDAH DIRINYA TUANKU
    DI HADAPAN ALLAH AZWAJALLAH DAN PADA SEKALIAN HAMBA-NYA JUGA...
    MOGA ALLAH LIMPAHKAN RAHMAT KASIH-NYA TANPA BATAS KEPADA TUANKU HINGGA KE NAFAS TERAKHIR TUANKU
    AAMIIN AAMIIN AAMIIN YA RABBAL A'LAMIN.

    Daripada Ratu Rimba Niagara @ Putri Alam Nilam Purnama ...
    Pujangga Ratu Rimba Cinta 5 Benua
    MALAYSIA/INDONESIA/BRUNEI/SINGAPURA/THAILAND
    5 Syawal 1434H
    12 Ogos 2013M
    (PUISI DIILHAMKAN ISTIMEWA UNTUK MAHARAJA KUTAI MULAWARMAN & SEMUA RAKYAT INDONESIA YANG AKAN MERAIKAN HARI KEMERDEKAAN PADA 17 AGUSTUS 2013 YANG KE-68 TAHNIAH MOGA MERDEKA SELAMANYA DALAM KESEJAHTERAAN AAMIIN )

    "SELAMAT MENYAMBUT HARI KEMERDEKAAN INDONESIA TERCINTA"

    Selamat menyambut hari kemerdekaan Indonesia tercinta
    terlalu banyak rentetan sejarah penuh luka
    yang dialami oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia
    air mata derita
    gugurnya darah pejuang ksatria
    rela pertaruhkan nyawa demi kemerdekaan Indonesia
    kepentingan sendiri tidak pernah menjadi keutamaan
    yang diutamakan adalah rakyat dan Indonesia
    biarlah rakyat bahagia
    biarlah Indonesia sejahtera
    nyawa jadi taruhan demi rakyat dan Indonesia
    akan diperjuangkan
    perjuangan rakyat
    perjuangan Indonesia
    hingga ke tetesan darah terakhir

    Selamat menyambut hari kemerdekaan Indonesia tercinta
    moga hari penuh bersejarah ini
    dikenang diraikan oleh semua rakyat Indonesia
    sebagai hari penuh bersejarah
    hari penting yang tak akan dilupakan
    oleh semua generasi dulu kini dan selamanya
    bahawa suatu masa dulu
    gugurnya darah ksatria diRaja dan pahlawan-pahlawan diRaja
    demi menghadiahkan kemerdekaan tuk semua rakyat Indonesia
    agar dapat hidup dengan aman dan sejahtera

    Selamat menyambut hari kemerdekaan Indonesia tercinta
    moga bertambah sukses dan bahagia
    mengecapi nikmat kemerdekaan
    sebuah negara yang aman damai
    tanpa sesiapa berani mahu menjajah Indonesia
    yang sudah merdeka sejak 68 tahun
    semua rakyatnya mahukan hidup
    tanpa peperangan
    tanpa persengketaan
    tanpa menzalimi rakyat dengan pemerintahan yang tidak adil
    kuasa yang diamanahkan rakyat adalah untuk membela rakyat setulus ikhlas
    itulah kunci kegemilangan dalam ketamadunan hidup dalam negara yang merdeka
    MERDEKA! MERDEKA!MERDEKA! UNTUK INDONESIAKU YANG TERCINTA

    KARYA RATU RIMBA NIAGARA
    5 Syawal 1434H
    12 Agustus 2013M

    (PUISI DIILHAMKAN SEMPENA MERAIKAN HARI KEMERDEKAAN INDONESIA KE-68 PADA 17 AGUSTUS 2013)
    5 Syawal 1434H
    12 Agustus 2013M
    Like ·  · Promote · 
  3. MUTIARA

    Terharu mendapat kesempatan untuk bersyukur
    Melihat mutiara indah mempesona
    Bintang di langit digantungkan oleh Yang Mulia
    Generasi cerdas dan berbudi pekerti mulia sandangannya

    Hati selalu terharu melihat karunia Yang Maha Kuasa
    Harapan kepada mutiara tidak ragu untuk diamanatkan
    Karena sang mutiara telah memperlihatkan kegagahan dan ketangguhannya

    Perkasa dan tangguh terlihat dari kelembutannya
    Semoga suatu ketika amanat yang indah itu bisa dilaksanakan dengan purna
    Sebagai suatu ikhtiar dari Yang Mulia untuk menebar perdamaian di dunia.

    by : Sri Adipati Ario Notobudoyonegoro
    12 Agustus 2013


      • by : Sri Adipati Ario Notobudoyonegoro
        12 Agustus 2013
        Like · 
      • thanks for adding me Your H R H SIR
        Like · 
      • FRANCO DA ROCHA NEWS, 11 DE AGOSTO DE 2013 - 21H08
        COLUNA ACONTECE AGORA -http://www.francodarochanews.jex.com.br/acontece+agora
        Visão geral de relações públicas e protocolo
        Divulgação de informações ao público requer a disponibilidade do serviço de informação do movimento em um rápido e dinâmico que é já uma necessidade nesta era da globalização. Portanto, relações públicas e protocolo específico site deverá cumprir o desejo do público para acessar informações de uma ampla gama de governo e construção de Kutai Kartanegara a qualquer hora e em qualquer lugar.

        Reconhecemos que as informações apresentadas nas várias páginas deste site podem não alcançar as expectativas do público. Portanto, por uma questão de enriquecimento e fortalecimento de vários ingredientes de tais informações, estão se abrindo e quer o seu feedback e feedback construtivo através de tamu livro fornecido como um fórum para a interação de aperfeiçoado.

        Finalmente, com o prazer esperado de Allah Swt podem toda ajuda, esforço e boa vontade de todas as partes sobre a presença de um site especial de relações públicas e este protocolo pode fornecer o máximo de benefícios para o desenvolvimento da comunidade de Kutai Kartanegara e área em particular.

        Amien.
        Saco de perfil. Administração de relações públicas & protocolos
        O nome
        Waldir Dafip, S. Sos, MM
        NIP
        19700924 199003 1 001

        O chefe da administração de relações públicas e protocolo tem a tarefa de:
        r. auxiliando assistentes administrativos de bem-estar e o oficial de relações públicas, Secretariado da região;
        b. dividir as tarefas, dirigidas, dando instruções e avaliar o trabalho dos subordinados;
        c. estudar os materiais e instruções para a construção da administração pública e protocolos;
        programa de d. projecto de actividades e orçamento do conceito da administração de relações públicas e protocolo;
        e. mengkonsultasikan seção administrativa inteira de protocolos e atividades de relações públicas com os assistentes administrativos de bem-estar e o oficial de relações públicas, Secretariado da região;
        f. facilitando, coletar e preparar a formulação de relações públicas e protocolo dos assuntos da política que inclui os campos de dados e informações, protocolos e relatórios;
        g. compor o conceito de destino, facilitando a gestão de relações comunitárias;
        boi h., criação de coordenação de assuntos públicos materiais sobre o ambiente, o governo do distrito;
        i. elaboração do conceito de objectivos de governança da infra-estrutura pública;
        j. orientar, coordenar e facilitar a consulta pública;
        k. desenvolver o conceito de metas e facilitar a execução da fiscalização pública;
        l. menyelia, coordenar, analisar a cobertura de notícias pela mídia de massa e compilar os dados bem como documentar as actividades relacionadas com os assuntos das relações públicas e protocolo;
        m. planejamento das atividades de socialização de construção técnica de actividades de relações públicas relacionadas com os assuntos das relações públicas e protocolo;
        s. facilitar e coordenar as atividades relacionadas ao cerimonial dos assuntos de relações públicas e protocolo;
        o. facilitar e coordenar a formulação de políticas relativas à divulgação da política de informação e de documentação, programas de governo local;
        p. avaliar a implementação das tarefas e inventário de problemas relacionados com a implementação do protocolo e relações públicas dos Assuntos;
        p. relatou os resultados da implementação das atividades da seção de administração do relações públicas e protocolo para o assistente administrativo da assistência social e relações públicas; e
        r. kedinasan outras tarefas dadas pelo assistente administrativo da assistência social e relações públicas.



        A ESTRUTURA DE RELAÇÕES PÚBLICAS E PROTOCOLO

        • O SECRETÁRIO DE KARTANEGARA DE KUATAI DO DISTRITO
        • ASSISTENTE DE MINISTRO E HUMPRO
        • CHEFE DE RELAÇÕES PÚBLICAS E PROTOCOLO
        • CHEFE DA SUBDIVISÃO DE PREGAÇÃO
        • FUNCIONÁRIOS
        • CHEFE DA SUBDIVISÃO DE PROTOCOLOS
        • FUNCIONÁRIOS
        • CABEÇA DE DADOS E INFORMAÇÕES
        • FUNCIONÁRIOS

        Sekilas Humas dan Protokol
        Diseminasi informasi kepada masyarakat memerlukan tersedianya pelayanan informasi yang bergerak secara cepat dan dinamis yang sudah merupakan kebutuhan di era globalisasi ini. Oleh karena itu, website khusus humas dan protokol ini diharapkan dapat memenuhi keinginan publik untuk mengakses berbagai informasi pemerintahan dan pembangunan Kutai Kartanegara kapan saja dan dimana saja.

        Kami menyadari bahwa berbagai informasi yang disajikan dalam laman website ini bisa saja belum menjangkau harapan publik. Oleh karenanya, demi memperkaya dan memperkuat berbagai bahan informasi tersebut, kami sangat membuka diri dan menginginkan tanggapan dan masukan yang bersifat membangun melalui buku tamu yang disediakan sebagai wadah interaksi guna penyempurnaannya.

        Akhirnya, dengan mengharapkan ridha Allah Swt. semoga segala bantuan, upaya dan niat baik dari semua pihak atas hadirnya website khusus humas dan protokol ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan daerah dan masyarakat Kutai Kartanegara khususnya.

        Amien.
        Profil Bag. Administrasi Humas & Protokol
        Nama
        Dafip Haryanto, S.Sos, MM
        NIP
        19700924 199003 1 001

        Kepala Bagian Administrasi Humas dan Protokol mempunyai tugas yang meliputi :
        a. membantu Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Humas Sekretariat Daerah;
        b. membagi tugas, mengarahkan, memberi petunjuk dan menilai hasil kerja bawahan;
        c. mempelajari bahan dan petunjuk pembinaan bidang Administrasi Humas dan Protokol;
        d. menyusun konsep program kegiatan dan anggaran Bagian Administrasi Humas dan Protokol;
        e. mengkonsultasikan seluruh kegiatan Bagian Administrasi Humas dan Protokol dengan Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Humas Sekretariat Daerah;
        f. memfasilitasi, menghimpun dan menyiapkan perumusan kebijakan urusan Humas dan Protokol yang meliputi bidang data dan informasi, protokol dan pemberitaan;
        g. menyusun konsep sasaran, memfasilitasi manajemen hubungan masyarakat;
        h. mengarahkan, menyiapkan bahan koordinasi urusan kehumasan di lingkungan Pemerintah Kabupaten;
        i. menyusun konsep sasaran tata kelola infrastruktur kehumasan;
        j. mengarahkan, mengkoordinasikan dan memfasilitasi konsultasi publik;
        k. menyusun konsep sasaran dan memfasilitasi pengawasan penyelenggaraan kehumasan;
        l. menyelia, mengkoordinasikan, menganalisa pemberitaan media massa dan menyusun data serta mendokumentasikan kegiatan yang berkaitan dengan urusan Humas dan Protokol;
        m. merencanakan kegiatan sosialisasi petunjuk teknis pembinaan Kehumasan kegiatan yang berkaitan dengan urusan Humas dan Protokol;
        n. memfasilitasi dan mengkoordinasikan kegiatan seremonial yang berkaitan dengan urusan Humas dan Protokol;
        o. memfasilitasi dan mengkoordinasikan rumusan kebijakan terkait dengan penyebarluasan informasi kebijakan dan dokumentasi program Pemerintah Daerah;
        p. mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan yang berkaitan dengan penyelenggaraan urusan Humas dan Protokol;
        q. melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan Bagian Administrasi Humas dan Protokol kepada Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Humas; dan
        r. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Humas.

        STUKTUR HUMAS DAN PROTOKOL

        •SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN KUATAI KARTANEGARA
        •ASSISTEN KESRA DAN HUMPRO
        •KEPALA BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL
        •KEPALA SUB BAGIAN PEMBERITAAN
        •STAF
        •KEPALA SUB BAGIAN PROTOKOL
        •STAF
        •KEPALA SUB BAGIAN DATA DAN INFORMASI
        •STAF
        COM CONTEUDO HUMAS KUTAI KARTENA GARAKAB
        http://humas.kutaikartanegarakab.go.id/sekilas-humas.html
        DA REDAÇÃO DO FRANCO DA ROCHA NEWS
        EDIÇÃO JC PEREIRA
        See Translation
        1Like ·  · 
      • FRANCO DA ROCHA NEWS, 11 DE AGOSTO DE 2013 - 20H52
        COLUNA ACONTECE AGORA -http://www.francodarochanews.jex.com.br/acontece+agora
        Relatório de prestação de contas governo agência da Inspetoria de Kutai Kartanegara regência em 2012

        Kutai Kartanegara Regency inspecção representa funcionários na estrutura de organização do governo de regência Kutai Kartanegara, onde, na execução das tarefas de orientação e supervisão de todas as unidade de trabalho (SKPD) Governo Regional e aldeias no Kutai Kartanegara Regency governo ambiente coordenado diretamente pelo regente de Kutai Kartanegara.

        Para desempenhar o papel, posição, tarefas e funções da Inspetoria de regência Kutai Kartanegara elaborados por meio de programas de desenvolvimento e atividades estabelecidos no plano estratégico (Renstra) inspecção Kutai Kartanegara regência 2011-2015.

        Plano estratégico (Renstra) inspecção Kutai regência de Kartanegara em 2010-2015, inclui uma visão e missão, para ser alcançado através da direção de normas técnicas, programas e atividades que serão implementadas. A implementação destes programas e atividades, utilizando todos os recursos e os fundos pode ser contabilizada desde o aspecto da responsabilidade do desempenho financeiro, como uma forma de implementação do governo Regulamento n. º 79/2005, sobre as orientações para a orientação e supervisão do governo local. É necessário responsabilidade de desempenho relatório compilado de agências de governo (LAKIP) inspecção de regência Kutai Kartanegara em 2012 quem guiou Inspres n. º 7/1999 relativas à responsabilidade do desempenho das agências governamentais (AKIP), Ministro da reforma administrativa e reforma da burocracia do número 23 em 2010 sobre as orientações para a elaboração de relatórios sobre a responsabilização das agências de governo e decisão da cabeça dos órgãos da administração do estado (LAN) n. º 239, 2003 sobre as orientações para a preparação do relatório sobre a melhoria da responsabilidade do desempenho das agências governamentais.

        Elaboração de relatórios sobre a responsabilidade do desempenho das agências de governo (LAKIP) serviços de inspecção de regência Kutai Kartanegara em 2012, referindo-se a ele como a personificação da obrigação de Kutai Kartanegara Regency inspecção a conta para o sucesso ou a melhoria ainda é necessária na execução da missão em alcançar as metas e objetivos que foram definidos no anual planos de desempenho e atribuição de Performance em 2012 bem como feedback para desencadear a melhoria do desempenho da inspecção de regência Kutai Kartanegara nos anos vindouros.

        Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2012

        29 Juli 2013
        Share on gmail Share on linkedin Share on facebook Share on twitter More Sharing Services
        3
        Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan unsur staf dalam Struktur Organisasi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, di mana dalam melaksanakan tugas pembinaan dan pengawasan terhadap semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Pemerintahan Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara secara langsung dikoordinasikan oleh Bupati Kutai Kartanegara.

        Untuk melaksanakan peran, kedudukan, tugas pokok dan fungsinya Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara dijabarkan melalui program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2011-2015.

        Rencana Strategis (Renstra) Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2010-2015, memuat visi dan misi yang hendak dicapai melalui arah kebijakan teknis, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan. Pelaksanaan program dan kegiatan tersebut memanfaatkan segala sumber daya dan dana yang harus dapat dipertanggungjawabkan dari aspek akuntabilitas kinerja keuangan sebagai wujud dari pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Untuk itu perlu disusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2012 yang berpedoman pada Inspres Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah dan Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 239 Tahun 2003 tentang Perbaikan Pedoman Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

        Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2012 di maksudkan sebagai perwujudan kewajiban Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau masih diperlukan upaya peningkatan dalam pelaksanaan misi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Rencana Kinerja Tahunan dan Penetapan Kinerja Tahun 2012 dan juga sebagai umpan balik untuk memicu perbaikan kinerja Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara di tahun yang akan datang.
        COM CONTEUDO humas.kutai kartane garakab
        humas.kutaikartanegarakab.go.id/pengumuman/detail/12/laporan-akuntabilitas-instansi-pemerintah-inspektorat-kabupaten-kutai-kartanegara-tahun-2012.html#
        DA REDAÇÃO DO FRANCO DA ROCHA NEWS
        EDIÇÃO JC PEREIRA
        See Translation
        1Like ·  · 
      • Like ·  · Follow Post
      • Muara Kaman Menjadi Ibukota Negara Kerajaan Kutai Sejak Tahun 350 Masehi Sampai 1605 Masehi.

        Menjadi Wilayah Transisi Penjajahan Dari Kolonial Belanda Serta Jepang Dan Bergabung Dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia Dari Tahun 1605 Masehi Sampai Tahun 2013 Masehi Dengan Uraian Sebagai Berikut :

        Dari Tahun 350 – 1605 M Muara Kaman merupakan Ibukota Negeri Kerajaan Kutai Martapura. (Kerajaan Kutai Mulawarman) Ibukota Kerajaan Kutai Hindu Tertua di Nusantara.

        Dari Tahun 1605 – 1910 M Muara Kaman merupakan Ibukota Wilayah Kampung dalam wilayah Jajahan Belanda & Inggris Yang Di Kuasakan Pada Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

        Dari Tahun 1900 – 1942 M Muara Kaman merupakan Ibukota Wilayah Onderdistrict Wilayah Keresidenan Oost - Borneo Kalimantan. Dijaman Penjajah Belanda.

        Dari Tahun 1942 – 1945 M Muara Kaman merupakan Ibukota Wilayah Son dalam pemerintahan Ken dalam Wilayah Syu dijaman penjajah Jepang.

        Dari Tahun 1945 – 1950 M Muara Kaman merupakan Ibukota Wilayah Penjawatan dalam Pemerintahan Afdeeling (Recinentie) Keresidenan Kalimantan Timur masa RIS.dalam Wilayah Istimewa Kepatihan Kutai.

        Dari Tahun 1950 – 1957 M Muara Kaman merupakan Ibukota Wilayah Kecamatan dibawah Kewedanaan dan Keresidenan di Kaltim.

        Dari Tahun 1957 – 2013 M Muara Kaman Ibukota Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kutai dam Kabupaten Kutai Kartanegara di Propinsi Kalimantan Timur Negara Repoblik Indonesia.

        Begitulah perjalanan Muara Kaman dalam Kancah Sejarah sejak berabad-abad nan silam menjadikan kota ini mendapat julukan sebagai Kota Bahari.
        Like ·  · Follow Post
    Like · 
wwww

0 comments:

Post a Comment

 
;