Monday 13 February 2012

ORANG BIJAK SELALU INGAT MATI

Anas bin Malik r.a. berkata:Bahwa bumi setiap hari memanggil dengan sepuluh kalimat,yaitu:
1.) Wahai anak Adam,engkau berjalan diatas punggungku dan engkau akan kembali ke dalam perutku.
2.) Engkau berma'shiyat di atas punggungku,maka engkau akan disiksa dalam perutku.
3.) Engkau tertawa di atas punggungku,maka engkau akan menangis dalam perutku.
4.) Engkau makan barang haram diatas punggungku,maka engkau akan dimakan ulat dalam perutku.
5.) Engkau bergembira diatas punggungku,maka engkau akan bersedih dalam perutku.
6.) Engkau mengumpulkan barang haram di atas punggungku,maka engkau akan hancur dalam perutku.
7.) Engkau berlaku sombong diatas punggungku,maka engkau akan terhina dalam perutku.
8.) Engkau berjalan dengan senang di atas punggungku,maka engkau akan jatuh susah dalam perutku.
9.) Engkau berjalan dibawah cahaya di atas punggungku,maka engkau akan duduk dalam gelapnya perutku.
10.) Engkau berjalan dengan orang banyak diatas punggungku,maka engkau akan duduk sendirian dalam perutku.

Dalam hadits lain dijelaskan:Bahwa kubur itu setiap hari memanggil dengan tiga kali seruan yaitu:
1.) Aku ini adalah rumahnya orang sendirian,rumah duka cita,rumah kalajengking,dan rumah ular.
2.) Aku adalah rumah kegelapan.
3.) Aku adalah rumah ulat,dan apa persiapanmu sebelum memasuki aku..???

Ada pula yang mengatakan:Bahwa kubur itu setiap hari memanggil dengan lima kali panggilan,yaitu:
1.) Aku adalah rumah orang sendirian,maka carilah teman yang setia untukmu dengan banyak membaca Al-qur'an.
2.) Aku adalah rumah kegelapan,maka terangilah aku dengan shalat malam.
3.) Aku adalah rumah debu,maka bawalah tikar dengan banyak beramal shalih.
4.) Aku adalah rumah ular besar,maka bawalah penawarnya dengan membaca:Bismillahirrahmaanirrahiim..yang disertai
mengalirkan air mata(karena rasa takutnya kepada Allah).
5.) Aku adalah rumah pertanyaan Munkar dan Nakir,maka perbanyaklah di atas punggungku dengan membaca:Laa Ilaaha Illallah Muhammadur Rasulullah..supaya dirimu
bisa menjawab pertanyaan dari Munkar dan Nakir.
Wallahu a'lam bishawab.
 ·  ·  · Sunday at 11:34pm · 
  • You, Ayahanda ChikWildant Gilman Ahmad and 31 others like this.
    • Rabeah Mohd Ali Orang bijak selalu ingat mati,
      Kerna mati mematikan pesona dunia;
      Sentiasa bermuhasabah diri,
      Sebelum meninggal dunia.
      Sunday at 11:41pm ·  ·  1
    • Dika ProZak Tlg d tagg yea sob.
      Sunday at 11:59pm ·  ·  1
    • Wildant Gilman Ahmad Bunda benar..ini hanya untuk renungan semata...!
      Bang dika okelah...!
      Yesterday at 12:01am ·  ·  1
    • Dika ProZak Makasih..
      Yesterday at 12:11am ·  ·  1
    • RindHu Retthu Putry Surian Perbanyak ibadah dekatkan diri pada Allah,!
      Kerana Allah Maha Pengasih dan Penyayang dan Maha Pemberi jika,!!
      Akhirat it kekal....
      Yesterday at 7:10am ·  ·  1
  • (PETIKAN DARIPADA WALL WILDANT GILMAN AHMAD)
    14 Febuari 2012

0 comments:

Post a Comment

 
;